KUMPULAN RAGAM HIAS

A.    Ragam Hias Isen-isen Ornament

Bermacam ragam hias isen-isen yang gambarnya terdapat di bawah ini apabila dilihat selintas akan menimbulkan pertanyaan tentang kegunaannya. Ragam hias isen-isen gunanya adalah untuk mengisi ornamen. Isen-isen pada umumnya merupakan titik, garis lurus, bundar, bengkok kecil-kecil dan lain-lain yang apabila diisikan pada ornament akan memperindah ornament tersebut.

Seringkali pembatik menemui kesulitan dalam memilih isen-isen untuk mengisi ornemen tertentu agar terliat cocok dan bagus. Misalnya ornament bunga sebaiknya diisi dengan isen-isen yang mana. Untuk itu sebaiknya dipelajari terlebih dahulu macam gambar isen-isen, kemudian melihat kain batik tulis yang sudah jadi dan mencocokkan macam isen-isen yang mana masuk pada ornament seperti apa. Dengan demikian akan terlihat jelas pengetrapannya dalam mengisi ornament.

B.     Ragam Hias Ornament Batik Dengan Isen- Isen

Bagi yang belum berpengalaman membatik mengisi ornament dengan isen-isen, akan selalu menanyakan bagaimana cara mengisinya. Kumpulan ragam hias disni memberikan beberapa alternative penggunaan isen-isen yang dimasukan dalam ornament batik, baik berwujud daun kecil dan daun besar, kuncup bunga kecil, bunga kecil dan bunga besar dengan tangkainya, dll.

      Kalau bagian bunga atau daun akan dibuat tetap putih, berarti harus ditembok, maka membatiknya harus garis rangkap dua. Dalam gambar terlihat ada yang digambar bundaran ada garis rangkap dua, itu berarti bagian itu harus ditembok.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s